Ciri-Ciri Umum tanaman Tempuyung | Tanaman Obat

Tempuyung yaitu salah satu tanaman liar yang diketahui memiliki khasiat dalam dunia pengobatan. Tanaman dengan nama ilmiah "sonchus Arvensis" ini memiliki beberapa nama tempat , diantaranya : lobak air , lempung jombang , lampenas , rayana dan galibug. lempuyung diketahui memiliki khasiat pengobatan , sehingga mulai banyak orang yang membudiyakannya.

gambaran lempuyung

Tanaman lempuyung  mampu tumbuh dengan baik di tempat yang memiliki ketinggian 50-1600 dpl , dengan curah hujan tinggi serta trend panas yang pendek.

Gambaran umum tanaman lempuyung.

Tanaman lempuyung memiliki bagian-bagian pohon yang hampir semuanya mampu dimanfaatkan sebagai obat , antara lain bagian batang , daun , bunga , dan bijinya. Oleh alasannya yaitu itu , tiidak salah jikalau lempuyung digolongkan sebagai tanaman obat herbal.beberapa khasiat tempuyung antara lain mampu digunakan untuk obat penghacur batu ginjal , obat asam urat , mengatasi pembengkakan , radang payudara , demam , dan sebagainya.

gambar daun tempuyung

Ciri-ciri dari tanaman tidak berkayu atau terna ini antara lain :
  1. Tinggi tanaman tempuyung antara 65-150 cm , batang berlubang , berbulu , tekstur lunak , dan mengandung getah berwarna hijau.
  2. Daun tempuyung berbentuk lonjong , permukaan daun daun licin dengan warna hijau keunguan , bagian tepi daun bergigi tak beraturan ,ujung daun berbentuk runcing.
  3. Tempuyung memiliki bunga berbentu malay , dengan kelopak menyerupai lonceng. Mahkota bunga terbentuk dari kumpulan jarum berwarna kuning atau putih.
  4. Buah tempuyung  berbentuk kotak dan berusuk lima , bagian permukaan ditumbuhi bulu hitam yang kemudian akan bermetamorfosis biji berukuran kecil dan ringan.

Tidak ada komentar untuk "Ciri-Ciri Umum tanaman Tempuyung | Tanaman Obat"