Bahaya Langsung Minum Teh Setelah Makan

Bahaya Minum Teh Setelah Makan

Minum teh setelah makan dianggap sesuatu yang biasa, bahkan orang-orang dikampungku sering kali melaksanakan kebiasaan ini. Apalagi ketika sedang berada di kawasan hajatan, bukannya minum air putih tetapi sehabis makan pribadi dilanjutkan dengan mengkonsumsi air teh. Ini sudah menjadi kebiasaan sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Dulu sayapun juga berpikir ibarat itu, mengkonsumsi teh setelah makan tidak akan membahayakan kita kok, buktinya masih hidup hingga ketika ini. Tetapi pedoman ibarat ini kesudahannya saya tinggalkan alasannya ialah ternyata kebiasaan ini sangatlah tidak baik. Berikut setidaknya beberapa dampak buruk yang harus Anda ketahui apabila terus-terusan mengkonsumsi teh sehabis makan.

Bahaya Minum Teh Setelah Makan


1. Menggangu Pencernaan
Mungkin dampaknya tidak akan pribadi terasa tetapi apabila terus menerus dilakukan maka lama-kelamaan nanti Anda juga akan mencicipi dampaknya. Tahukah Anda bahwa daun teh itu bekerjsama bersifat asam. Nah, hal itu bisa mensugesti kemampuan badan untuk mencerna makanan.

2. Menghambat Penyerapan Zat Besi
Asam fitat yang terdapat didalam teh merupakan zat nongizi yang mana bisa mengikat mineral besi (Fe), seng (Zn), atau magnesium (Mg). Dampaknya badan akan kesulitan didalam menyerap mineral-mineral tersebut dikarenakan telah di ikat oleh asam fitat tadi.

Selanjutnya Anda pasti sudah tahu, dengan terhambatnya peresapan zat besi oleh badan maka badan Anda akan kekurangan zat besi yang pada kesudahannya menjadikan Anda terkena penyakit anemia. Makara jangan heran apabila terkadang kepala Anda merasa suka pusing ketika terus-terus melaksanakan kebiasaan ini.

3. Memicu Anemia
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, minum teh setelah makan bisa menghambat peresapan zat besi. Zat besi ini sangat penting untuk badan sebagai pembentuk sel darah merah, apabila pasokan zat besi berkurang maka tentunya akan membuat Anda menjadi kekurangan darah atau anemia.

4. Pengurangan Bioavailabilitas Katekin
Minum teh sempurna setelah kita makan memang bisa dibilang menyegarkan dan paling pas, mau itu hangat atau diberi es, manis atau tawar. Tapi telah ditemukan juga bahwa bekerjsama mengonsumsi teh baik itu setelah maupun sambil makan malah mengurangi bioavailabilitas katekin untuk badan kita. Senyawa tersebut ialah senyawa yang ada pada teh dan memiliki fungsi vital pada segala macam problem fisiologis

5. Resiko Bayi Cacat
Ibu hamil sangat tidak anjurkan melaksanakan kebiasaan ini yaitu minum teh setelah makan. Apabila ibu hamil sering melaksanakan kebiasaan ini maka akan sangat beresiko didalam melahirkan bayi cacat dibagian otak atau tulang belakang.


Itulah bahaya minum teh setelah makan yang patut Anda ketahui. Tidak ada yang melarang Anda untuk mengkonsumsi teh tetapi usahakan menawarkan jeda waktu antara dua hingga tiga jam setelah mengkonsumsi makanan berat. Hal ini bertujuan agar badan kita bisa menyerap zat besi dan memproduksinya dengan baik.

Tidak ada komentar untuk "Bahaya Langsung Minum Teh Setelah Makan"