Cara Mengobati Bibir Bengkak dan Gatal

Pernakah Anda mengalami bibir bisul secara tiba-tiba ketika berdiri di pagi hari ? kalau iya maka tentu saja hal ini akan membuat kita menjadi panik, bagaimana mungkin bibir kita yang awalnya baik-baik saja ternyata sudah bisul dan gatal ketika kita terbangun di pagi hari. Siapa saja pasti akan merasa cemas dan takut apabila mengalami hal ini, bahkan beberapa orang mungkin tidak percaya diri untuk keluar rumah untuk melaksanakan acara harian.

Banyak hal yang menjadi penyebab mengapa bibir kita mampu bisul dan gatal secara tiba-tiba, namun penyebab yang paling umum biasanya yakni adanya suatu alergi baik itu alergi makanan maupun alergi obat. Kemudian penyebab umum lainnya yang juga mampu menjadikan bibir kita menjadi bisul dan gatal yakni alasannya yakni terkena gigitan serangga. Biasanya hal ini sering kali terjadi pada ketika kita sedang tidur dimalam hari, tau-tau saja pagi harinya disaat kita berdiri tidur bibir sudah menjadi bisul dan gatal.

Nah, ibarat yang kita ketahui bahwa bibir bisul dan gatal ini tentunya akan sangat mengganggu penampilan apabila tidak segera diatasi dengan cepat. Berikut dibawah ini ada beberapa cara mengobati bibir bisul dan gatal secara alami dan ampuh.


Cara Mengatasi Bibir Bengkak dan Gatal

1. Kompres Air Hangat
Langkah pertama untuk mengatasi bibir bisul dan gatal yang mampu Anda lakukan dirumah yaitu dengan cara mengkompres bibir Anda dengan menggunakan air hangat. Air hangat mampu membantu meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa gatal. Caranya sangat mudah yaitu, cukup sediakan satu buah handuk kecil yang bersih dan kemudian semangkuk air hangat. Rendamkan handuk tersebut kedalam air hangat yang terdapat didalam mangkok dan kemudian peras lalu tempelkan handuk tersebut pada bibir Anda. Ulangi cara ini selama 10-15 menit sampai terasa agak baikan.

2. Kompres Dingin
Apabila Anda tidak suka mengkompres dengan air hangat maka juga mampu menggantinya dengan es.  Caranya sangat mudah yaitu bungkuslah watu es yang kecil-kecil kedalam kantong atau handuk dan kemudian gunakan handuk atau kantong yang berisi watu es tersebut untuk mengompres bibir Anda. Air cuek akan membantu mengempeskan pembengkakan pada bibir Anda.

3. Lidah Buaya
Cara mengatasi bibir bisul yang selanjutnya yaitu mampu dengan menggunakan pengecap buaya atau aloe vera. Lidah buaya bukanlah tanaman yang aneh bagi kita alasannya yakni tanaman yang satu ini mampu dengan mudah kita temukan di sekitar kita. Manfaat pengecap buaya ini juga sangatlah banyak, salah satunya yakni untuk mengatasi bibir bisul dan gatal yang Anda alami. Cara mengaplikasikan nya sangat mudah yaitu cukup oleskan saja gel pengecap buaya pada permukaan bibir kita secara merata dan biarkan saja selama 20 menit. Ulangi cara ini setidaknya 3 kali sehari biar proses penyembuhan mampu berjalan dengan cepat. Selain mengobati bibir bengkak, pengecap buaya ini juga mampu membantu melembutkan bibir Anda.

4. Madu
Madu juga mampu kita andalkan untuk mengobati bibir bisul dan gatal. Semua orang pasti sudah mengetahui akan manfaat dari madu sehingga saya rasa tidak perlu dijelaskan apa saja manfaatnya. Oleskan saja madu asli pada bibir Anda yang bisul dan gatal dan biarkan madu tersebut menempel selama 20 menit pada bibir Anda. Sifat antibakteri pada madu mampu membantu mengempeskan bisul dan menghilangkan gatal pada bibir Anda dengan cepat.

5. Teh Celup
Kemudian cara mengatasi bibir bisul yang terakhir yaitu dengan menggunakan cara teh celup. Jangan anggao remeh kantong bekas teh celup alasannya yakni ternyata aneka macam manfaatnya bagi kecantikan yaitu mampu digunakan untuk menghilangkan mata panda, dijadikan sebagai scrub wajah sampai mampu mengobati bibir bisul dan gatal. Cara mengaplikasikan kantong teh ini sangat mudah yaitu, Anda tinggal seduh saja kantong teh ibarat biasa dengan menggunakan air panas dan kemudian keluarkan kantong teh dari gelas. Biarkan kantong teh agak sedikit dingin, lalu gres tempelkan pada bibir Anda yang bisul dan gatal. Ulangi cara ini setidaknya 3 kali sehari biar akhirnya maksimal.


Itulah cara mengobati bibir bisul dan gatal dengan menggunakan bahan-bahan alami. Tetapi Anda harus ingat, kalau penyebab bibir bisul yang Anda alami diakibatkan oleh adanya suatu penyakit serius ibarat herpes pada bibir ataupun kanker bibir maka pengobatan yang paling sempurna yakni kedokter.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengobati Bibir Bengkak dan Gatal"