Saat Berbuka Puasa, Jangan Langsung Makan Besar!

tips sehat berbuka puasa
healthynesia.blogspot.com – Setelah sekitar 13 jam menahan lapar maupun haus sebab berpuasa tidak jarang membuat seseorang kalap dikala berbuka puasa. Setelah minum air putih seteguk saja, kemudian eksklusif memutuskan untuk mengonsumsi makanan besar yaitu nasi beserta lauknya.

Apakah Anda juga demikian? Apa yang dirasakan kemudian? Pernahkah tiba-tiba perut terasa mual atau justru terasa sakit? Apabila jawabannya iya atau pernah mengalaminya maka bisa jadi lambung dan usus Anda kaget. Karena setelah kosong sekitar 13 jam tiba-tiba eksklusif bertemu dengan makanan berat.

Adapatasikan lambung dan usus

Sudah pasti setelah berpuasa, akan terasa sangat lapar dan haus. Namun eksklusif mengonsumsi makanan berat bukanlah hal bijak yang bisa dilakukan terus menerus.

Mengutip dari detikhealth dikatakan bersama-sama dikala berbuka sebaiknya diawali dengan makanan maupun minuman yang ringan terlebih dahulu. Hal ini disampaikan dr. David Fadjar Putra, MS, SpGK yang menuturkan dikala perut eksklusif diisi makanan besar biasanya bisa menyebabkan rasa mual. Itulah mengapa sebaiknya berbuka dengan makanan dan minuman yang ringan semoga lambung maupun usus tidak kaget.
  • Lambung dan usus memerlukan proses pembiasaan terlebih dahulu. Misalnya berbuka dengan air hangat atau air teh manis hangat. Tidak perlu terlalu banyak, cukup sekitar satu gelas saja.
  • Kemudian bisa makan buah-buahan. Salah satu buah yang direkomendasikan sangat baik dikonsumsi dikala berbuka ialah pisang. Buah ini memang memiliki kemampuan lebih cepat bisa menggantikan tenaga yang hilang dikala puasa. Pisang juga memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga sempurna dikonsumsi setelah seharian puasa. Hindari buah yang menyebabkan gas menyerupai nangka dan durian.
  • Bisa juga dengan mengonsumsi kurma, bukan yang manisan namun buah kurma sebenarnya. Kemudian bisa ditinggal untuk melaksanakan sholat maghrib terlebih dahulu. Sehingga lambung memiliki kesempatan untuk menyesuaikan diri dengan makanan yang ditemuinya setelah cukup lama kosong.
Nah, setelah itu gres mengonsumsi makanan berat dengan mengunyahnya secara perlahan. Itupun sebaiknya perlu mempertimbangkan menu yang akan dikonsumsi.

Menurut dr. Nurul Ratna Manikam sebaiknya hindari makanan pedas maupun asam. Termasuk bersantan kental. Makanan ini bisa memicu asam lambung naik secara mendadak. Termasuk buah maupun sayuran yang bisa menyebabkan gas. Seperti buah mangga, nangka dan durian. Sementara untuk sayuran menyerupai kubis dan sayuran berserat garang lainnya terutama pada adegan batang sayur. Perbanyak konsumsi air putih untuk mengganti cairan yang hilang selama menjalankan puasa.

Tidak ada komentar untuk "Saat Berbuka Puasa, Jangan Langsung Makan Besar!"