Penambah Berat Badan Anak Dengan Makanan Sehat

Penambah berat tubuh anak – Anak yang kurang gizi kerap kali disebabkan karena susah makan. Banyak orang bau tanah yang khawatir melihat buah hatinya terlalu kurus. Pada dasarnya memang setiap anak dilahirkan dengan memiliki berat tubuh yang berbeda, sedangkan bayi gres lahir umumnya memiliki berat 2500 sampai 4500 gram. Lalu, apa yang mampu digunakan sebagai penambah berat tubuh anak? Apakah dengan vitamin maupun pemanis tertentu untuk menggemukkan si kecil atau sebagai penambah nafsu makan anak yang susah makan?

Sebelum memasuki bahasan utama seputar penambah berat tubuh anak, ada yang perlu orang bau tanah ketahui wacana penyebab mengapa anak terlalu kurus, diantaranya:

1. Kurang asupan nutrisi yang seimbang. Bunda sebaiknya memperhatikan tunjangan makanan pendamping ASI atau MPASI pada bayi. Asupan nutrisi yang seimbang sangat diharapkan pada buah hati dalam masa-masa pertembuhannya menyerupai ketika ini.

2. Bisa jadi si kecil sedang mengalami gangguan kesehatan, khususnya pada pencernaannya. Hal tersebut mampu saja menghipnotis peresapan makanannya yang tidak tepat dan kemudian menghipnotis berat tubuh si kecil. Maka penambah berat tubuh anak yang efektif soal ini tentunya juga lebih dikhususkan.

3. Si kecil berusia lebih dari 6 bulan sedang memasuki masa pertumbuhan tinggi badan, yang menjadikan aktivitasnya teramat aktif. Yang menjadikan berat badannya turun, namun tetap dalam jumlah yang wajar.

Bila demikian halnya, bunda perlu mengetahui lebih dulu penyebab kurangnya berat tubuh anak. Mungkin memang pada asupan nutrisinya, atau ada gangguan lainnya. Maka penambah berat tubuh anak harus diadaptasi dengan kondisi si kecil berkaitan dengan makanannya. Selengkapnya, di bawah ini akan dibahas lebih lanjut mengenai hal-hal yang mampu dilakukan oleh orang bau tanah untuk mengatasi berat tubuh anak yang kurang.

Penambah berat tubuh anak

Berikut penambah berat tubuh anak :


Tingkatkan ASI berkualitas

Di usianya yang amsih di bawah 6 bulan, ada baiknya bunda mengawali si kecil dengan meningkatkan ASI berkualitas. Kualitas ASI mampu ditingkatkan dari asupan gizi bunda yang menyusui. Selain dari kebutuhan nutrisi harian, ibu menyusui juga sebaiknya menjaga kondisi psikologisnya dengan menghindari stres yang mampu menghipnotis kualitas ASI. Karena ASI yang berkualitas termasuk penambah berat tubuh anak.

Menjadwal tunjangan MPASI

Masih pada bayi yang mengkonsumsi ASI, ketika masuk usia 6 bulan maka tunjangan ASI mulai dikurangi. Sebagai penambah berat tubuh anak, bunda sebaiknya menjadwal tunjangan MPASI pada si kecil sebanyak 2 sampai 3 kali dalam satu hari dengan porsi yang sesuai dengan bayi. Perhatikan pula kandungan gizi di dalamnya semoga lebih kompleks namun tetap sesuai porsinya. Komposisi layuk dan sayurnyapun baiknya sebanding, misalnya 4 sendok nasi tim, 2 sendok lauk dan 2 sendok sayuran. Selingi pula dengan camulan sehat dua kali sehari.


Pada si kecil yang mulai beranjak besar, bunda mampu menunjukkan pemanis alami dengan kandungan lemak sehat sebagai penambah berat tubuh anak. Misalnya kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun dan lain-lain. Makanan tersebut mampu divariasikan, misalnya sandwich campuran alpukat atau tuna.

Jus penambah berat tubuh anak 

Makanan yang mengandung kalori akan menambah berat tubuh anak, sehingga baik untuk disajikan. Biasanya minuman berkalori terdapat pada jus atau smoothies. MIsalnya saja jus alpukat dan susu, jus pisang kurma atau buah lainnya menyerupai stoberi, blueberi dengan tambahan yoghurt sebagai penambah berat tubuh anak.

Tidak ada komentar untuk "Penambah Berat Badan Anak Dengan Makanan Sehat"