Mengenal Kegiatan Anak Sehat Dan Cerdas



Menginjak usia sekitar 13-14 bulan, acara si kecil meningkat tajam. Kemampuannya berjalan tanpa dibantu, memberinya kesempatan seluas-luasnya untuk menyalurkan minatnya : mengeksplorasi sekitarnya.

Kedua tangannya sudah sangat baik gerak motorik dan koordinasinya, menciptakan si kecil bebas mengikuti gerakan yang dilakukan orang di dekatnya. Demikian pula dengan kedua kakinya yang semakin usang semakin mantap, gerakan menendang, melangkah yang sudah dikuasainya sekarang diperkaya dengan gerakan memanjat, melompat dan kesudahannya berlari kian-kemari.

Sehingga pada umumnya, begitu anak menyadari ia mempunyai kemampuan untuk bergerak, maka anak yang sehat akan mengisi hari-harinya dengan banyak sekali aktivitas. Karena pada usia batita rasa ingin tahunya juga sedang berkembang pesat, maka acara gerakannya pun selalu dikaitkan dengan minatnya untuk menjelajah lingkungan, mencoba kemampuan diri, memanfaatkan benda-benda di sekelilingnya atau berinteraksi dan bersosialisasi dengan seluruh penghuni rumah termasuk hewan peliharaan, maupun anak lain.

Aktivitas khas si kecil

Di antara banyak sekali acara yang dilakukan, ada beberapa yang sangat khas. Selain berlari, menendang dan berguling, si kecil tampak gemar sekali naik dan melompat-lompat di dingklik atau daerah tidur, naik-turun meja, melempar-lempar barang, buka-tutup laci, membongkar barang tertutup, mengeluarkan isi lemari, menarik-narik kabel atau apapun yang terjuntai, hingga menarik-narik ekor hewan di rumah.

Aktif dan gembira

Namun sekalipun ia tampak begitu aktif, sehingga terkesan sepanjang hari waktunya dihabiskan dengan gerakan yang nyaris tiada henti, anak sehat dan cerdas akan tetap terlihat bangga dan ceria. Bahkan nafsu makan maupun contoh tidurnya tidak terganggu.

Cerdas dan kreatif

Mengingat kecerdasan si kecil sudah demikian berkembang, pada usia ini anak yang sehat dan cerdas juga sudah bisa diajak berkomunikasi. Maka ia pun jarang menemukan kesulitan dalam beraktivitas. Dengan sedikit petunjuk yang Anda berikan, ia sanggup segera menguasai bentuk acara gres yang diminatinya.

Oleh sebab itu, anak yang sehat dan cerdas mempunyai acara yang lebih beragam. Perkayalah si kecil dengan gerak aktif yang lebih positif. Arahkan si kecil pada acara yang sanggup merangsang kemampuan daya kreativitasnya.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Kegiatan Anak Sehat Dan Cerdas"