Khasiat Menakjubkan dari Buah Pisang


Khasiat Menakjubkan dari Buah Pisang – Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini juga memiliki banyak penggemar dengan rasanya yang manis. Ada aneka macam jenis buah pisang dengan rasa yang berbeda meskipun didominasi rasa manis. Mulai dari pisang raja, ambon, emas, awak, batu, dan sebagainya. Bisa jadi setiap tempat memiliki nama masing-masing untuk jenis pisang yang tolong-menolong sama. Tidak sedikit pula yang menganggap pisang ialah buahnya orang kampung alasannya ialah mudahnya buah ini dibeli dengan harga terjangkau. Padahal buah ini memiliki aneka macam khasiat menakjubkan bagi kesehatan tubuh. baca juga: Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Khasiat Buah Pisang

Berikut ini beberapa kandungan sekaligus khasiat yang bisa diperoleh melalui buah pisang, apapun jenis pisangnya, yaitu :

  • Baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal ini tidak lain alasannya ialah kandungan vitamin C yang ada pada pisang. Mengonsumsi satu buah pisang memiliki kandungan vitamin C sekitar 10 mg. Jumlah tersebut memenuhi sekitar 15 persen kebutuhan vitamin C harian yang disarankan. Pisang juga memiliki kandungan vitamin lain menyerupai vitamin A dan E sehingga kaya antioksidan.
  • Sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, fungsi otot maupun saraf. Hal ini tidak lain alasannya ialah buah ini tidak mengandung lemak maupun kolesterol. Selain itu buah ini juga tinggi kandungan potasium yang baik untuk kesehatan jantung. Kadar potasium pada buah pisang dengan ukuran sedang setidaknya mengandung sekitar 400 mg potasium. Kandungan potasium ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan otot dan saraf serta mencegah kram otot ketika sedang berolahraga. 
  • Berfungsi sebagai isotonik. Selama ini ada begitu banyak macam minuman isotonik yang ada di pasaran. Minuman tersebut dikatakan bisa mengembalikan cairan dalam badan alasannya ialah kandungan elektrolit di dalamnya. Nah, buah pisang memiliki kemampuan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Saat sedang berolahraga, hiking, bahkan diare sangat sempurna mengonsumsi buah pisang alasannya ialah membantu mencegah mengalami dehidrasi.
  • Menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang ada pada buah pisang membantu menjaga kesehatan akses pencernaan. Adanya serat tersebut juga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Serat pada buah pisang juga membantu membersihkan akses pencernaan. Pisang juga berfungsi sebagai antasida alami yang membantu mencegah penyakit maag.
Pisang juga memiliki kandungan nutrisi menyerupai vitamin B6, mangan, magnesium, kalsium, fosfor, folat, asam amino dan karoten. Buah ini termasuk tinggi karbohidrat dan mudah dicerna. Sangat efektif untuk menanggulangi rasa lapar. Karena mudah dicerna buah ini juga mudah diserap badan akhirnya energi yang hilang bisa kembali lebih cepat. Tidak heran kalau sering disarankan dikonsumsi setelah beraktifitas berat, perjalanan jauh, olaharaga maupun ketika berbuka puasa. lainnya : Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Kandungan pektin pada pisang juga membantu mengeluarkan racun dalam badan atau memiliki kemampuan untuk detoksifikasi. Pisang juga bermanfaat untuk mencegah stress maupun PMS atau sakit menjelang menstruasi atau datang bulan. Makara jangan pernah ragu untuk mengonsumsi buah pisang setiap hari.baca juga: Ramuan Herbal Untuk Atasi Demam

Tidak ada komentar untuk "Khasiat Menakjubkan dari Buah Pisang"