Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

manfaat puasa bagi kesehatan tubuh

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental – Bagi seorang muslim menjalan puasa ramadan merupakan bab dari ibadah untuk semakin mendekatkan diri dengan Tuhan SWT. Namun ternyata di balik ibadah tersebut ternyata juga menyimpan keistimewaan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh secara fisik maupun kesehatan secara mental. Dimana puasa bisa menawarkan ruang isitrahat bagi organ kanal pencernaan. Selain itu juga menawarkan dampak bagi kesehatan mental alasannya yaitu bisa meningkatkan kesehatan secara emosional. Karena ketika puasa tubuh bisa mengeluarkan materi kimia yang bisa melindungi otak dan meningkatkan mood. baca juga: Saat Berbuka Puasa, Jangan Langsung Makan Besar!

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini ada beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh ketika menjalankan puasa, antara lain : 
  • Bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Berdasarkan penelitian ketika tubuh berpuasa maka akan terjadi peningkatan limfosit bahkan sampai sepuluh kali lipat. Sel T pada tubuh mengalami peningkatan meskipun sel darah putih tidak berubah hal ini sangat baik untuk kesehatan pembuluh darah dan kesehatan jantung.
  • Baik untuk kesehatan jantung. Pada ketika tubuh berpuasa tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh tetapi juga bisa meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) yang sudah pasti sangat bermanfaat bagi kesehatan pembuluh darah dan jantung. 
  • Memperbaiki kinerja sel dalam tubuh. Saat menjalankan puasa bisa membentuk sel gres dan bisa membersihkan lemak yang menggumpal pada bab organ hati. Saat puasa terdapat sel-sel dalam tubuh yang mati namun banyak pula yang tumbuh lebih banyak lagi. baca juga: Ini Dia Makanan yang Bisa Diandalkan ketika Sahur

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Mental

Mengutip dari Boldsky.com dikatakan bahwa berdasarkan penelitian ketika menjalankan puasa ada beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan mental diantaranya : 
  • Mampu mengurangi kecemasan maupun depresi yang dialami. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa tubuh bisa melepaskan endorfin jauh lebih banyak ke otak. Inilah yang bisa menawarkan perasaan bahagia. Sehingga jauh lebih rileks dan hening ketika menjalankan puasa. Tidur jauh lebih nyenyak. Karena lebih tenang dan damai, ketika tidur pun lebih tenang. 
  • Mampu mengurangi sakit kepala atau migrain. Pada ketika menjalankan puasa bisa meningkatkan serotonin pada otak sehingga menawarkan rasa bahagia dan kalem serta jauh dari migrain. Selain itu juga bisa meningkatka perubahan kualitas yang lebih baik pada otak. Alhasil pikiran lebih jernih dan yakin dalam menentukan keputusan.
  • Mampu menurunkan berat badan. Adanya perubahan contoh maka menimbulkan ketika puasa bisa menurunkan kadar gula darah maupun berat badan. Namun hal ini sangat berkaitan erat dengan bagaimana contoh makan dilakukan. Apabila ketika berbuka jauh lebih banyak mengonsumsi makanan maupun minuman manis tentu tidak akan besar lengan berkuasa terhadap penurunan berat badan. artikel lainnya: Pentingnya Cukup Tidur Saat Sedang Berpuasa

Tidak ada komentar untuk "Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental"